PROFIL

Struktur Organisasi Kelurahan Baciro


RINCIAN TUGAS KELURAHAN BACIRO

KECAMATAN GONDOKUSUMAN
KOTA YOGYAKARTA
LAMPIRAN IV   :  PERATURAN  WALIKOTA YOGYAKARTA NOMOR   62   TAHUN  2016
TENTANG      : SUSUNAN ORGANISASI, KEDUDUKAN, TUGAS, FUNGSI DAN TATA KERJA  KECAMATAN DAN KELURAHAN   KOTA YOGYAKARTA

Noo
Jabatan
Rincian Tugas
1
Lurah
1.    merencanakan operasional kegiatan  Kelurahan;

2.     melaksanakan  penyusunan  segala  bentuk  pelaporan dalam bidang tugasnya;

3.     melaksanakan penyusunan petunjuk teknis, perumusan sistem dan prosedur, tata hubungan kerja kecamatan;

4.     mengarahkan  dan   mengendalikan    pelaksanaan program kegiatan Kelurahan;

5.     membina   pelaksanaan     tugas     bawahan    dengan memberikan petunjuk dan bimbingan baik secara lisan maupun        tertulis   guna   meningkatkan  pelayanan  di kecamatan;

6.     merumuskan petunjuk   pelaksanaan   dan   petunjuk teknis penyelenggaraan urusan di kelurahan;

7.     melaksanakan pembinaan  teknis   dan   administratif dalam      penyelenggaraan   kegiatan     pemerintahan, ketentraman      dan   ketertiban    umum,    pelayanan, informasi,pengaduan, perekonomian,  pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan;

8.     melaksanakan  pembinaan operasional      dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, ketentraman dan    ketertiban     umum,     pelayanan,     informasi, pengaduan,    perekonomian,    pembangunan     dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan;

9.     mengevaluasi       permasalahan        dalam       kegiatan pemerintahan,  ketentraman   dan   ketertiban  umum, pelayanan,             informasi,    pengaduan,     perekonomian, pembangunan        dan    pemberdayaan   masyarakat    di kelurahan untuk dicarikan pemecahannya baik secara lintas program maupun  lintas sektoral dalam rangka peningkatan pelayanan;

10.  melaksanakan  penyelenggaraan Urusan Pemerintahan
Umum;

11.  melaksanakan    penyelenggaraan kegiatan pemberdayaan masyarakat;

12. melaksanakan  pengkoordinasian upaya  ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat;

13. melaksanakan        penyelenggaraan       pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;





14. melaksanakan     pengkoordinasian    penyelenggaraan kegiatan pemerintahan  yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di tingkat kelurahan; dan

15. melaksanakan pelaksanaan sebagian kewenangan yang dilimpahkan Walikota dan Camat;

16. mendistribusikan  tugas   dan   memberi  petunjuk pelaksanaannya kepada bawahan;

17. melaksanakan    monitoring,   evaluasi,    dan    menilai prestasi                    kerja  pelaksanaan   tugas   bawahan  secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia;

18. melaksanakan  pembinaan dan penilaian angka kredit jabatan fungsional tertentu;

19. mengkoordinasikan penyusunan   dan  menyampaikan laporan tentang pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan urusan                    pemerintahan    dan    pelayanan   umum    di kecamatan secara berkala;

20. menyampaikan  laporan   pelaksanaan   tugas   kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan; dan

21. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.
2
Sekretaris
1.     mengumpulkan,    mengolah    data     dan    informasi, menginventarisasi permasalahan  serta  melaksanakan pemecahan       permasalahan    yang   berkaitan   dengan urusan  umum,  kepegawaian, keuangan,  administrasi data dan pelaporan;

2.     merencanakan,       melaksanakan,       mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan Sekretariat;

3.     memberikan   pelayanan   naskah    dinas,   kearsipan, pengetikan/penggandaan/             pendistribusian        serta penerimaan tamu, kehumasan dan protokoler;

4.     menyiapkan keperluan dan kebutuhan serta perawatan ruang  kerja,  ruang  rapat/   pertemuan,  telepon dan sarana/ prasarana kantor;

5.     melaksanakan      pengurusan      perjalanan      dinas, kendaraan       dinas   dan   pelayanan  kerumahtanggaan lainnya;

6.     menyiapkan  bahan  koordinasi  dan  petunjuk  teknis kebutuhan,           perumusan      rancangan      peraturan perundang-undangan  yang berkaitan  dengan   urusan Kelurahan;

7.     menyiapkan  bahan  koordinasi  dan  petunjuk  teknis kebutuhan,       perumusan  sistem  dan  prosedur, tata hubungan        kerja,  serta   permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan organisasi dan tatalaksana;

8.     menyiapkan  bahan  koordinasi  dan  petunjuk  teknis kebutuhan dan pengadaan perlengkapan/sarana  kerja serta               inventarisasi,   pendistribusian,    penyimpanan, perawatan dan usulan penghapusannya;





9.    memfasilitasi urusan kepegawaian;

10. melaksanakan fasilitasi penyusunan informasi jabatan         dan beban kerja;

11. menyelenggarakan administrasi  dan  penatausahaan keuangan;

12. menyiapkan bahan  koordinasi dengan masing-masing unsur                 organisasi  di    lingkungan   kelurahan   dalam rangka       perencanaan,    pelaksanaan,    pengendalian, evaluasi dan penyusunan laporan Kelurahan;

13. mengkoordinasikan upaya  pemecahan  permasalahan dan pelayanan pengaduan serta  keluhan masyarakat;

14.  melaksanakan   analisis   dan   pengembangan  kinerja
Sekretariat;

15. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan.
3
Kepala          Seksi Pemerintahan, Pembangunan, Ketentraman   dan Ketertiban
1.     mengumpulkan,    mengolah    data     dan    informasi, menginventarisasi permasalahan  serta  melaksanakan pemecahan       permasalahan    yang   berkaitan   dengan pemerintahan dan pembangunan;

2.     merencanakan,       melaksanakan,       mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan Seksi;

3.     menyiapkan    bahan     kebijakan,    bimbingan    dan pembinaan       serta   petunjuk   teknis   yang  berkaitan dengan pemerintahan dan pembangunan;

4.    menyusun dan melaporkan data profil Kelurahan.

5.     menyiapkan bahan  dan  petunjuk  teknis  pembinaan pemerintahan Kelurahan, meliputi :

a) menyiapkan bahan  dalam  rangka  pembinaan penyelenggaraan pemerintahan Kelurahan;

b)  menyiapkan bahan rapat koordinasi pemerintahan;

c) menyiapkan bahan  dalam rangka pengusulan, pemekaran,    peningkatan, penyatuan  dan/atau penghapusan Kelurahan;

d)  menyiapkan   bahan    dalam   rangka   pembinaan lembaga kemasyarakatan;

e)  menyiapkan bahan  dalam rangka kerjasama antar
Kelurahan;

f)   menyiapkan bahan dalam rangka pembinaan batas- batas wilayah.

6.    melaksanakan  tugas  pembantuan   dalam  hal  Pajak
Bumi dan Bangunan;

7.    menyusun dan melaporkan data monografi kelurahan;

8.     melaksanakan tugas bidang keagrariaan di  Kelurahan yang, meliputi:

a)  membantu dalam hal pendataan tanah;


b)  pemeliharaan data pertanahan;

c)  memproses bahan-bahan dalam rangka pembuatan akte tanah dan surat-surat yang berisi :

i.   peralihan hak atas tanah;

ii.     keterangan   status    dan   bukti   kepemilikan tanah;

iii.    keterangan penggadaian tanah;

iv.    keterangan kewarisan; dan

v.     keterangan peminjaman dimana tanah  sebagai jaminan.

9.     melaksanakan fasilitasi ketugasan bidang pertanahan di Kelurahan.

10.  menerima  dan  melaksanakan  verifikasi dan  validasi berkas permohonan kependudukan;

11.  memfasilitasi proses pengisian formulir kependudukan;

12. melaksanakan pencatatan pelayanan kependudukan dalam Buku Register Kependudukan;

13.  melaksanakan pembahasan  Musyawarah Perencanaan
Pembangunan  Kelurahan;

14.  memfasilitasi penyelenggaraan pelayanan perizinan;

15. melaksanakan         pengelolaan        bantuan-bantuan pembangunan dari pemerintah;

16. melaksanakan  fasilitasi perencanaan  pembangunan partisipatif kelurahan;

17.   melaksaan    fasilitasi    kegiatan    pembinaan    Rukun Tetangga (RT)  dan Rukun Warga (RW),  Lembaga Pemberdayaan      Masyarakat   Kelurahan   (LPMK)    dan lembaga sosial lainnya;

18.   menyiapkan bahan  masukan  dan  pembinaan  dalam rangka  perencanaan     dan     pemeliharaan     dan pengembangan sarana prasarana wilayah;

19.   melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dan memfasilitasi operasional pendayagunaan perlindungan masyarakat kelurahan;

20. mengkoordinasikan  dan   memberdayakan  potensi perlindungan masyarakat;

21. melakukan kegiatan pengamanan akibat bencana alam dan bencana lainnya;

22. menyiapkan bahan  dan  petunjuk  teknis  serta memfasilitasi    kegiatan     yang    berkaitan     dengan pembinaan kerukunan warga;

23. melaksanakan  koordinasi  dan  memfasilitasi kegiatan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan lembaga- lembaga kemasyarakatan agar lebih berdaya guna;

24. melaksanakan ketugasan  keamanan kantor  dan pengamanan barang inventaris kantor;





25.  menerima,   mencatat   dan    memproses   pengaduan laporan kejadian dari masyarakat;

26. melaksanakan tugas pembantuan operasional yang berkaitan dengan :

a)  penanggulangan bencana;

b)  penertiban  terhadap  gelandangan, pengemis dan penyandang masalah sosial lainnya;

c) penertiban  dan  pencegahan terhadap  penyakit masyarakat (pekat);

d) melakukan    pengamanan    terhadap     kejadian kebakaran, orang bunuh diri, kecelakaan, kematian yang tidak sewajarnya dan penemuan mayat;

27.  melakukan kegiatan pengamanan wilayah;

28.  melaksanakan    koordinasi   dan    kerjasama   dengan instansi        pemerintah    dan    instansi    lainnya   yang berkaitan        dengan    keamanan,    ketentraman    dan ketertiban umum di wilayah kelurahan;

29.  melaksanakan   analisis   dan   pengembangan  kinerja
Sekretariat;

30. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan
4
Kepala          Seksi Pelayanan, Informasi         dan Pengaduan
1.     mengumpulkan,    mengolah    data     dan    informasi, menginventarisasi permasalahan  serta  melaksanakan pemecahan       permasalahan    yang   berkaitan   dengan pelayanan, informasi dan pengaduan;

2.     merencanakan,       melaksanakan,       mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan Seksi;

3.     menyiapkan    bahan     kebijakan,    bimbingan    dan pembinaan       serta   petunjuk   teknis   yang  berkaitan dengan pelayanan, informasi dan pengaduan;

4.     melakukan penyebarluasan informasi berkaitan dengan pelayanan penyelenggaraan pemerintahan di wilayah;

5.     menerima         pengaduan         masyarakat         dan mengkoordinasikan pemecahan permasalahan;

6.     melaksanakan                  penerimaan                 berkas permohonan/pengurusan  yang berkaitan dengan pelayanan di wilayah;

7.     menerima       berkas       permohonan       administrasi pemerintahan;

8.     melaksanakan  penerbitan  surat   keterangan  untuk kelengkapan permohonan Akte  Catatan Sipil;

9.    melaksanakan   analisis   dan   pengembangan  kinerja
Seksi;

10.  melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Lurah.


5
Kepala Seksi Perekonomian dan Pemberdayaan
1.     mengumpulkan,    mengolah    data     dan    informasi, menginventarisasi permasalahan  serta  melaksanakan pemecahan       permasalahan    yang   berkaitan   dengan

Masyarakat  pemberdayaan dan perekonomian;

2.     merencanakan,       melaksanakan,       mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan Seksi;

3.     menyiapkan    bahan     kebijakan,    bimbingan    dan pembinaan  serta   petunjuk   teknis   yang  berkaitan dengan pemberdayaan dan perekonomian;

4.     menyiapkan    bahan     pembinaan     dalam     rangka penyaluran gelandangan, pengemis dan penyandang masalah sosial lainnya yang ada di  wilayah kelurahan ke  tempat penampungan;

5.
melaksanakan
koordinasi        dengan
Lembaga

Pemberdayaan
Masyarakat   Kelurahan
(LPMK)    dan
organisasi   kemasyarakatan   lainnya   dalam   rangka
mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat;

6.     memfasilitasi     pelaksanaan      pembinaan      kegiatan organisasi sosial kemasyarakatan;

7.     memfasilitasi pembinaan di  bidang pemuda, olah raga, pariwisata, seni dan budaya;

8.    memfasilitasi penanggulangan permasalahan sosial;

9.     memfasilitasi pembinaan dalam rangka meningkatkan perkoperasian                       dan  pengusaha  ekonomi lemah  dan kegiatan                       perekonomian    lainnya    dalam    rangka meningkatkan kehidupan perekonomian masyarakat;

10. mengelola     bantuan-bantuan       dalam      rangka pemberdayaan dan perekonomian;

11.  melaksanakan   analisa   dan   pengembangan     
      kinerjaSeksi;

12.  melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Lurah.